Monday, August 1, 2022

Pakan untuk Hewan Kesayangan. Home Made atau Kemasan Pabrikan?

Hai sobat pet! Sering muncul pertanyaan amankah bila hewan kesayangan kita mengkonsumsi pakan home made berupa cooked food atau raw food? 

Sebelumnya, pengertian dari  cooked food adalah pakan untuk hewan kesayangan yang kita siapkan sendiri dan melalui proses pematangan terlebih dahulu sementara raw food tidak melalui proses pematangan alias masih berupa daging segar. Bahan-bahan yang digunakan pun sama seperti bahan makanan segar untuk manusia.

Biasanya para pet owner beralih pada pemberian pakan home made dengan pertimbangan pakan komersial lebih “tidak sehat” karena mengandung pengawet, pewarna, perasa, serta bahan baku yang digunakan dari olahan limbah tulang atau jeroan. 

Tetapi tidak seperti itu kenyataanya, sekarang ini sudah banyak perusahaan pakan hewan yang memperhatikan kualitas pakan. Sehingga pet owner memiliki banyak referensi pilihan pakan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap individu hewan kesayangan. Bahkan ada beberapa perusahaan pakan yang mengklaim bahwa produk mereka sudah masuk grade premium atau super premium. Untuk mengklaim hal seperti itu pasti tidak sembarangan dalam memformulasikan pakan bagi hewan kesayangan para pet lovers.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk memberikan pakan home made, hanya saja perlu diperhatikan kebutuhan gizi dari hewan kesangan para pet lovers. Seperti contohnya pemberian campuran nasi pada kucing, sebenarnya kucing tidak perlu diberi nasi karena kucing merupakan carnivore obligat. Kecuali kucing sedang dalam kondisi tertentu dimana membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi, dengan catatan harus ada rekomendasi dari dokter hewan.

Pertimbangan lain, pada pakan home made pastikan tidak menggunakan bumbu dapur apapun, juga harus matang. Hindari memberikan bahan mentah seperti daging / jeroan mentah, kuning telur mentah, dan sebagainya. Resiko penyakit seperti bakteri, parasit, dan toksin sangat tinggi pada pakan yang belum dimasak.

Pastikan pet lovers selalu berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menentukan pilihan jenis pakan yang tepat bagi anjing dan kucing kesayangan di rumah.


Ditulis oleh drh. Kamila Edvani

Klinik Hewan Bogor

Myma Pet House