Saturday, January 30, 2021

Obat Hewan Racikan Bebas di Toko Hewan, Berbahayakah?

Sobat Pet, pernahkah saat Pet kalian sakit terus kalian bingung karena harus membawa pet ke Dokter Hewan karena mahal dan memilih untuk membelikan obat di toko hewan kesayangan? Pernahkan juga kalian bertanya apakah obat yang dijual tersebut aman untuk diberikan pada pet kesayangan kalian? Berikut pembahasan dari segi keamanan dan resiko yang akan kalian hadapi bila Sobat Pet kurang berhati-hati dan memberikan obat tanpa pemeriksaan dokter hewan.

Kandungan obat dalam obat-obat racikan pada toko hewan kesayangan sangat bervariasi diantaranya ada antibiotik, vitamin bahkan obat anti radang. Dalam pemberiannya ketiga jenis obat ini tidak boleh diberikan tanpa pengawasan dokter hewan, harus sesuai dosis dan indikasi. Bahaya yang mengincar saat kandungan obat tersebut diberikan tanpa konsultasi adalah:


  1. Antibiotik merupakan suatu senyawa yang dibuat secara sintetis maupun semi sintetis yang bertujuan untuk melawan bakteri. Dalam pemberiannya pada hewan harus sesuai dengan dosis dan harus diberikan sesuai resep dokter. Bila pemberian tidak tepat maka akan timbul efek samping misalnya:

  • Tidak tercapai dosis penyembuhan yang mengakibatkan pet kita malah tidak sembuh dan malah tambah parah

  • Timbul resistensi (kondisi dimana bakteri/kuman kebal terhadap antibiotik - sehingga bila seharusnya bisa memakai obat tersebut untuk suatu penyakit, bakteri sudah lebih kuat sehingga kita tidak bisa lagi memakainya) 

  • Overdosis yang biasanya terjadi bila diberikan pada anabul yang memiliki bobot badan kurang dari 1 kg. Takaran yang dijelaskan oleh obat petshop ini tidak memenuhi kaidah-kaidah pengobatan sehingga efek samping sangat mungkin terjadi.

  1. Vitamin merupakan prekusor dalam metabolisme yang dibutuhkan dalam jumlah sangat sedikit oleh tubuh. Dosis setiap vitamin sangat bervariasi tergantung jenis vitamin. Kelebihan dalam pemberian vitamin juga dapat mengakibatkan keracunan dalam tubuh hewan kesayangan kita, sehingga dapat berakibat fatal. Walaupun hanya vitamin tapi pemberiannya harus sesuai dosis dan kebutuhan.

    ilustrasi pemberian obat hewan


  2. Anti radang yang diberikan pada hewan kesayangan harus sangat berhati-hati, terutama anti radang dengan jenis steroid seperti dexamethason yang biasanya terkandung di dalam obat racikan bebas di toko hewan. 

Dexamethason sangat berbahaya bila diberikan pada kasus seperti virus karena justru akan mengakibatkan penurunan imun, sedangkan pada pet yang terkena virus imun sangat dibutuhkan. Contoh lain pada obat tetes mata yang mengandung steroid tidak bisa pula diberikan tanpa pengawasan dokter hewan, apabila ternyata terdapat luka pada kornea mata, kondisi mata anabul akan lebih parah. Sehingga perlu pemeriksaan dari dokter untuk menentukan jenis tetes mata serta pengobatan yang tepat bagi hewan kesayangan kita.


ilustrasi pemberian tetes mata

  1. Komposisi obat-obatan tidak semua bisa dicampur. Bisa saja terjadi reaksi/ interaksi obat yang justru dapat merusak kerja obat yang lain, hal ini tidaklah dibenarkan dalam tata cara pembuatan obat yang baik.

  2. Kemasan yang tidak aman, suatu obat yang dikemas harus dibuat menggunakan kaidah tata cara pembuatan obat yang baik, termasuk didalamnya mengenai bahan kemas dan proses pengemasan yang aman serta steril.

  3. Dosis yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja suatu obat, pada obat pet shop rata-rata sediaannya dalam bentuk tetes yang mana hal ini sangat sulit untuk memastikan ketepatan dan akurasi dosis obat yang akan diberikan pada Pet.

  4. Kalau pada obat, kosmetik dan makanan manusia itu ada BPOM kalau di hewan itu ada BBPMSOH (Balai Besar Pengawas Mutu dan Sertifiasi Obat Hewan). Obat yang baik harusnya akan terdaftar pada balai ini. Balai ini akan menguji potensi dan keamanan suatu obat yang diperuntukkan bagi Hewan. Jadi kalau obat hewan belum teregistrasi pada balai ini maka perlu dipertanyakan tingkat keamanannya dan efektivitasnya. 


Berdasarkan penjelasan di atas apakah Sobat Pet masih mau memberikan obat tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan? Akan lebih bijak bila Sobat Pet yang mendapati anabulnya sakit langsung dibawa ke dokter hewan terdekat. Tidak semua dokter hewan itu mahal Sobat Pet, asalkan Sobat Pet mau berkonsultasi langsung akan diberikan alternatif pengobatan yang mungkin bisa Sobat Pet usahakan. Pesan dari Myma: Buat Pet Kesayangan Jangan coba-coba.



Klinik Hewan Bogor
MYMA PET HOUSE

drh Anis Oktavia