Tuesday, July 7, 2020

Berapakah Umur Hewan Kesayangan Anda?


Sobat Pet, pernahkan kalian membandingkan berapkah usia Anjing atau Kucing kesayanagan sekalian? Jika belum, yuk kita hitung umur pet kita supaya nggak penasaran.
Pertama, untuk umur anjing bila dikonversikan pada umur manusia. Jadi apakah kalian pernah mendengar kalau umur anjing kalian tinggal dikalikan 7. Matematika untuk konversi umur anjing tidak semudah itu Sobat Pet. Anjing cenderung mengalami perkembangan dan kedewasaan tubuh lebih cepat. Jadi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah ukuran anjing dan breed. Anjing yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil cenderung memiliki umur lebih lama, tapi anjing kecil cenderung lebih cepat dewasa pada beberapa tahun pertama. Anjing besar cenderung lebih lambat namun pada umur 5 tahun telah melewati pertengahan usia mereka. Pada tahun pertama umur doggie dikalikan dengan 15, kemudian selanjutnya mengikuti tabel konversi di bawah ini.
Setelah menghitung umur anjing kesayangan Sobat Pet, sekarang mari kita hitung umur kucing kesayangan Sobat Pet. Untuk mengkonversikan umur kucing dua tahun pertama umur kucing setara dengan manusia berumur 25 tahun. Setelah dua tahun tiap tahun pertambahan umur kucing adalah 4 tahun. Lalu berapa lamakah umur kucing bisa bertahan, hal tersebut tergantung terhadap kualitas hidup kucing rata-rata kucing yang dipelihara dengan baik dan hidup secara indoor dapat bertahan hidup 16-18 tahun dan bahkan dapat bertahan hidup sampai 20 tahun. 
Jadi begitulah perkiraan umur Sobat Pet sekalian. Lalu bagaimana menentukan umur hewan kesayangan kalian bila baru adopsi dan tidak terdapat informasi yang pasti. Maka Sobat Pet dapat melihat dari beberapa hal diantara:

1. Gigi


Pertumbuhan gigi pada hewan kesayangan dapat dijadikan sebagai patokan umur dari hewan kesayangan kalian. Pada umur  2-7 bulan kucing dan anjing akan mengalami pergantian gigi dari gigi susu ke gigi permanen. Setelah tujuh bulan gigi permanen ini masih terlihat putih dan bersih. Setelah satu tahun gigi ini akan mengalami perubahan warna karena pengaruh makanan serta akan semakin aus.

2. Mata

Mata kucing bagian iris (warna mata) yang masih  halus dan yang telah memiliki warna yang jelas dapat membedakan anatara kucing muda atau kucing senior. Kemudian kucing diatas 12 tahun dapat menunjukkan lapisan kabut de korneanya. Untuk anjing hal ini juga berlaku.

3. Pertulangan dan massa otot

Pet muda akan cenderung lebih aktif dibandingkan dengan pet yang sudah senior, selain itu pet senior cenderung mengalami beberapa masalah persendian yang mengakibatkan penurunan aktifitas.

4. Rambut atau Bulu

Kucing dan anjing juga bisa punya uban bila menunjukkan ke-senioran mereka. Pada anjing uban / grayhair terutama muncul di area kumis kemudian menjalar ke bulu di area lain.

Sekian Sobat Pet, semoga dapat membantu Sobat Pet menentukan umur Pet kalian. Bila sekiranya hal tersebut masih sulit, Sobat Pet dapat menanyakan ke vet terdekat.
Myma Pet House
Klinik Hewan Bogor
penulis:
drh Anis Oktavia

Sumber: